Pendahuluan
Saya memilih objek kajian dari iklan Aqua karena dalam kehidupan kita sebagai manusia tidak terlepas dari adanya kebutuhan akan air dan minum. Pengalaman saya dalam waktu kerja ketika berada di kantor maupun ketika berada di rumah tidak terlepas dari produk air minum Aqua. Dari kondisi tersebut saya ingin menganalisis atau mengkaji tentang iklan produk air minum Aqua.
Objek Kajian Seni Rupa dan Desain:
Iklan Produk Air Minum Aqua "Kebaikan Berawal Dari Sini"
link: https://www.youtube.com/watch?v=IPfm1vEFHhc
Pendekatan:
Pendekatan yang digunakan dengan metode kualitatif
Analisis:
Dalam iklan tersebut terdapat penanda dan pertanda dari tagline "Kebaikan Berawal Dari Sini" yang mereka iklan-kan. Menurut penulis penandanya adalah kata "Kebaikan Berawal Dari Sini", dan pertandanya dari situ mereka bermaksud menyebarkan pesan bahwa produk air khususnya dalam air minum yang mereka kelola dijaga dengan baik dari ekosistem sumber mata air nya hingga ke konsumen; dengan produk air tersebut Aqua menjaga kebaikan kesehatan setiap konsumennya.
Pada awal iklan tersebut terdapat kata "disini lah asal mulanya, sumber air pegunungan di Indonesia" dengan menampilkan label baru Aqua. Penulis melihat disini Aqua ingin menyebarkan pesan bahwa kemurnian sumber air pegunungan terdapat dalam setiap produk Aqua sekaligus memasarkan label baru produk air mineral botol tersebut.
Pada bagian kedua diperlihatkan scene pekerja kantoran dan anak sekolah dengan karakteristik daerah timur Indonesia mengkonsumsi Aqua, diperkuat dengan kata "mengalir ke penjuru nusantara". Pada bagian kedua ini Aqua ingin menyebarkan pesan bahwa produk mereka menjangkau seluruh lapisan masyarakat maupun seluruh daerah di Indonesia dari generasi ke generasi.
Pada bagian akhir diperlihatkan scene penegasan tentang label baru Aqua, ditambah dengan penutup kata-kata "Kebaikan berawal dari sini" dan tagline "Kebaikan Alam, Kebaikan Hidup".
Teori:
Penulis menggunakan teori 'Advertising and the Exchange of Goods'
karena dalam iklan Aqua tersebut berusaha mengajak dan mempengaruhi calon pembeli untuk membeli produk. Dengan membeli produk Aqua berati para konsumen ikut turut menjaga kebaikan diri mereka pada umumnya, dan ekosistem sumber daya air pada khususnya.
Kesimpulan:
Kesimpulan yang dapat penulis sampaikan bahwa hubungan antara kata-kata dengan setiap scene yang ditampilkan memiliki peranan dalam mempengaruhi calon pembeli. Terlebih dengan air sebagai kebutuhan utama manusia maka perlu adanya penekanan pada terjaganya ekosistem alam itu sendiri.
---
Apabila terdapat kesalahan maupun kekhilafan penulis memohon maaf dan koreksi untuk perbaikan tulisan ini.
Komentar
Posting Komentar