Langsung ke konten utama

Analisis Semiotika Iklan Aqua

Pendahuluan

Saya memilih objek kajian dari iklan Aqua karena dalam kehidupan kita sebagai manusia tidak terlepas dari adanya kebutuhan akan air dan minum. Pengalaman saya dalam waktu kerja ketika berada di kantor maupun ketika berada di rumah tidak terlepas dari produk air minum Aqua. Dari kondisi tersebut saya ingin menganalisis atau mengkaji tentang iklan produk air minum Aqua.


sumber gambar https://www.sehataqua.co.id/

Objek Kajian Seni Rupa dan Desain: 

Iklan Produk Air Minum Aqua "Kebaikan Berawal Dari Sini"

link: https://www.youtube.com/watch?v=IPfm1vEFHhc


Pendekatan:

Pendekatan yang digunakan dengan metode kualitatif


Analisis: 

Dalam iklan tersebut terdapat penanda dan pertanda dari tagline "Kebaikan Berawal Dari Sini" yang mereka iklan-kan. Menurut penulis penandanya adalah kata "Kebaikan Berawal Dari Sini", dan pertandanya dari situ mereka bermaksud menyebarkan pesan bahwa produk air khususnya dalam air minum yang mereka kelola dijaga dengan baik dari ekosistem sumber mata air nya hingga ke konsumen; dengan produk air tersebut Aqua menjaga kebaikan kesehatan setiap konsumennya.

Pada awal iklan tersebut terdapat kata "disini lah asal mulanya, sumber air pegunungan di Indonesia" dengan menampilkan label baru Aqua. Penulis melihat disini Aqua ingin menyebarkan pesan bahwa kemurnian sumber air pegunungan terdapat dalam setiap produk Aqua sekaligus memasarkan label baru produk air mineral botol tersebut. 

Pada bagian kedua diperlihatkan scene pekerja kantoran dan anak sekolah dengan karakteristik daerah timur Indonesia mengkonsumsi Aqua, diperkuat dengan kata "mengalir ke penjuru nusantara". Pada bagian kedua ini Aqua ingin menyebarkan pesan bahwa produk mereka menjangkau seluruh lapisan masyarakat maupun seluruh daerah di Indonesia dari generasi ke generasi.

Pada bagian akhir diperlihatkan scene penegasan tentang label baru Aqua, ditambah dengan penutup kata-kata "Kebaikan berawal dari sini" dan tagline "Kebaikan Alam, Kebaikan Hidup".


Teori:

Penulis menggunakan teori 'Advertising and the Exchange of Goods'

karena dalam iklan Aqua tersebut berusaha mengajak dan mempengaruhi calon pembeli untuk membeli produk. Dengan membeli produk Aqua berati para konsumen ikut turut menjaga kebaikan diri mereka pada umumnya, dan ekosistem sumber daya air pada khususnya.


Kesimpulan:

Kesimpulan yang dapat penulis sampaikan bahwa hubungan antara kata-kata dengan setiap scene yang ditampilkan memiliki peranan dalam mempengaruhi calon pembeli. Terlebih dengan air sebagai kebutuhan utama manusia maka perlu adanya penekanan pada terjaganya ekosistem alam itu sendiri.


---

Apabila terdapat kesalahan maupun kekhilafan penulis memohon maaf dan koreksi untuk perbaikan tulisan ini.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tinjauan Literatur

 Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang tinjauan literatur dari berdasarkan topik kajian analisis berjudul Strategi Branding Tasya Farasya, yang dimana topik tersebut memiliki 3 rumusan masalah yaitu: 1. Apa itu strategi branding? 2. Bagaimana strategi branding Tasya Farasya? 3. Apa pengaruh yang ingin disebarkan oleh Tasya Farasya ke masyarakat luas? Berdasarkan hal diatas saya menghimpun 5 tinjauan literatur dari berbagai sumber, berikut tinjauannya. Setya, Errika Dwi. Komunikasi dan Media Sosial. 2011. Menurut Setya, komunikasi secara online mempermudah terbentuknya hubungan interpersonal yang dekat, karena individu yang terlibat cenderung lebih mudah membuka dirinya untuk lebih dikenal orang lain dan tidak terikat waktu, siang atau pun malam, dan juga tidak terikat ruang. Sehingga dapat dilakukan dan dinikmati kapan saja, dimana saja dengan dilihat oleh orang banyak. Dinda Sekar Puspitarini, Reni Nuraeni. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. 2019. Menurut Dinda d

Review Jurnal

Objek Kajian Seni Rupa dan Desain: Kajian Semiotika Logo STMIK Bumigora Mataram Pendekatan: metode kualitatif Analisis: Pada jurnal tersebut membahas tentang bedah logo STMIK Bumigora Mataram, khususnya unsur dasar seni rupa dan desain yang tergambar pada logo tersebut. L ogo STMIK Bumigora Mataram terdapat gambar yang menurut penulis kurang dapat diterima dalam prinsip desain, khususnya prinsip tidak akan termakan oleh zaman. Pada logo tersebut ada gambar keyboard yang bermakna teknologi namun saat ini keyboard sudah tidak mencerminkan perkembangan teknologi saat ini dan yang akan datang Teori: Teori semiotik semantik Kesimpulan: kesimpulan yang dapat diperoleh dari jurnal tersebut adalah bahwa proses kajian dilakukan dengan membedah logo dan makna yang terkandung pada setiap gambarnya dan mendapatkan hal yang kurang dari gambar logo tersebut. Apa yang menurutmu bisa diteliti dari jurnal tersebut: Yang dapat diteliti lagi adalah sudut pandang komentar pembuat logo dan kegunaannya ---