Langsung ke konten utama

Tinjauan Literatur

 Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang tinjauan literatur dari berdasarkan topik kajian analisis berjudul Strategi Branding Tasya Farasya, yang dimana topik tersebut memiliki 3 rumusan masalah yaitu:

1. Apa itu strategi branding?

2. Bagaimana strategi branding Tasya Farasya?

3. Apa pengaruh yang ingin disebarkan oleh Tasya Farasya ke masyarakat luas?

Berdasarkan hal diatas saya menghimpun 5 tinjauan literatur dari berbagai sumber, berikut tinjauannya.

  1. Setya, Errika Dwi. Komunikasi dan Media Sosial. 2011. Menurut Setya, komunikasi secara online mempermudah terbentuknya hubungan interpersonal yang dekat, karena individu yang terlibat cenderung lebih mudah membuka dirinya untuk lebih dikenal orang lain dan tidak terikat waktu, siang atau pun malam, dan juga tidak terikat ruang. Sehingga dapat dilakukan dan dinikmati kapan saja, dimana saja dengan dilihat oleh orang banyak.
  2. Dinda Sekar Puspitarini, Reni Nuraeni. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. 2019. Menurut Dinda dkk, saat ini media sosial khususnya Instagram tidak hanya digunakan sebagai sarana hiburan saja namun juga digunakan sebagai kegiatan bisnis. Namun konten promosi yang disebarkan perlu mempertimbangkan beberapa hal, antara lain seperti karakter branding, aktif dalam memposting, dan juga menarik untuk target pasar.
  3. Istanto, Freddy. Gambar Sebagai Alat Komunikasi Visual. 2000. Menurut Freddy, agar dapat dimengerti oleh orang lain konsep, pemikiran atau ide, dapat disampaikan secara lisan, tulisan, gambar atau model 3 dimensi. Namun, bahasa gambar jauh lebih efektif dibandingkan dengan bahasa tulisan. Gambar memiliki peran yang sangat besar dalam dunia modern saat ini.
  4. Wilga Secsio Ratsja, R. Nunung Nurwati, Meilanny Budiarti S. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. 2016. Menurut Wilga dkk, dampak positif dari media sosial bagi para remaja adalah sebagai tempat promosi yang baik dan murah, dapat memperluas jejaring, dan sebagai media komunikasi yang mudah.
  5. Dian Pertiwi, Effiati Juliana Hasibuan, Ara Auza. Pengaruh Konten Vlog Akun Tasya Farasya Terhadap Minat Beli Subscribers. 2022. Menurut Dian dkk, media sosial sangat penting dalam dunia bisnis dan sangat menguntungkan bagi perusahaan untuk melakukan kegiatan pemasaran. Dengan cara menggandeng beauty vlogger dinilai cukup efektif sebagai salah satu strategi promosi. Seorang beaty vlogger yang memiliki kredibilitas dan kepopuleran yang tinggi menjadi salah satu hal yang membuat orang yang menyukainya untuk berperilaku sama seperti idolanya.
Kesimpulannya adalah bahwa komunikasi sangat efektif untuk disebarkan kepada orang banyak melalui media sosial sebagai alat komunikasinya. Namun diperlukan juga strategi sebagai cara untuk mengefektifkan pesan atau promosi yang ingin disebarluaskan, salah satu caranya melalui gambar yang disebarkan. Media sosial mampu menarik perhatian banyak kalangan, khususnya para remaja saat ini sebagai salah satu penikmat dan pengguna terbanyak media sosial. Dengan memiliki peran sebagai beauty vlogger maka penggunaan sosial media sebagai media promosi sangatlah efektif untuk mempengaruhi orang banyak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wedha's Pop Art Semenarik Itu

gambar dari  https://ebooks.gramedia.com/ Pengalaman penulis mengenal Wedha's Pop Art atau yang biasa dikenal WPAP pertama kali saat duduk di bangku perkuliahan D3 Politeknik Negeri Jakarta. Saya yang memiliki latar belakang program studi Teknik Grafika memiliki kawan-kawan jurusan khususnya dengan program studi Desain Grafis. Berangkat dari pergaulan tersebut, akhirnya sedikit banyak mengenal karya - karya grafis maupun seni rupa. Pertama kali melihat WPAP saat penulis sedang berada di sekretariat Himpunan Mahasiswa Grafika dan Penerbitan (HMGP), pada dinding sekretariat tersebut terlihat sebuah bingkai besar dengan gambar seseorang di dalamnya (kalau tidak salah gambar muka artis) dan tertulis watermark WPAP di dalamnya.  Hal yang membuat makin saya tertarik adalah saat tau bahwa gaya seni populer tersebut diciptakan oleh seniman anak bangsa, Pak Wedha Abdul Rasyid namanya. Tentu saja Wedha's Pop Art diambil dari nama depan beliau. WPAP ini sangat booming  pada saat itu karen

Analisis Semiotika Iklan Aqua

Pendahuluan Saya memilih objek kajian dari iklan Aqua karena dalam kehidupan kita sebagai manusia tidak terlepas dari adanya kebutuhan akan air dan minum. Pengalaman saya dalam waktu kerja ketika berada di kantor maupun ketika berada di rumah tidak terlepas dari produk air minum Aqua. Dari kondisi tersebut saya ingin menganalisis atau mengkaji tentang iklan produk air minum Aqua. sumber gambar https://www.sehataqua.co.id/ Objek Kajian Seni Rupa dan Desain:  Iklan Produk Air Minum Aqua "Kebaikan Berawal Dari Sini" link: https://www.youtube.com/watch?v=IPfm1vEFHhc Pendekatan: Pendekatan yang digunakan dengan metode kualitatif Analisis:  Dalam iklan tersebut terdapat penanda dan pertanda dari tagline "Kebaikan Berawal Dari Sini" yang mereka iklan-kan. Menurut penulis penandanya adalah kata "Kebaikan Berawal Dari Sini", dan pertandanya dari situ mereka bermaksud menyebarkan pesan bahwa produk air khususnya dalam air minum yang mereka kelola dijaga dengan baik