Langsung ke konten utama

Review Jurnal

Objek Kajian Seni Rupa dan Desain: Kajian Semiotika Logo STMIK Bumigora Mataram

Pendekatan: metode kualitatif

Analisis: Pada jurnal tersebut membahas tentang bedah logo STMIK Bumigora Mataram, khususnya unsur dasar seni rupa dan desain yang tergambar pada logo tersebut. Logo STMIK Bumigora Mataram terdapat gambar yang menurut penulis kurang dapat diterima dalam prinsip desain, khususnya prinsip tidak akan termakan oleh zaman. Pada logo tersebut ada gambar keyboard yang bermakna teknologi namun saat ini keyboard sudah tidak mencerminkan perkembangan teknologi saat ini dan yang akan datang

Teori: Teori semiotik semantik

Kesimpulan: kesimpulan yang dapat diperoleh dari jurnal tersebut adalah bahwa proses kajian dilakukan dengan membedah logo dan makna yang terkandung pada setiap gambarnya dan mendapatkan hal yang kurang dari gambar logo tersebut.

Apa yang menurutmu bisa diteliti dari jurnal tersebut: Yang dapat diteliti lagi adalah sudut pandang komentar pembuat logo dan kegunaannya

---

Objek Kajian Seni Rupa dan Desain: Kajian Makna Simbolis Patung dan Monumen di Kabupaten Ponorogo

Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal

Pendekatan: metode kualitatif

Analisis: Pada jurnal tersebut membahas tentang makna simbolis patung dan monumen di Kabupaten Ponorogo. Pada jurnal tersebut membedah banyak hal mulai dari sejarah Kabupaten Ponorogo sendiri hingga makna kebudayaan dalam patung dan monumen tersebut, sehingga apakah bisa menjadi  sumber pelajaran sejarah lokal atau tidak.

Teori: Teori semiotik pragmatik

Kesimpulan: kesimpulan yang dapat diperoleh dari jurnal tersebut adalah bahwa jurnal tersebut membandingkan antara sejarah Ponorogo dengan Makna tiap unsur seni rupa yang ada di patung dan monumen sehingga mendapatkan kesimpulan bahwa unsur yang terkandung dapat menjadi sumber pelajaran sejarah lokal.

Apa yang menurutmu bisa diteliti dari jurnal tersebut: Yang dapat diteliti lagi adalah sejarah Ponorogo itu sendiri dan penelitian berbasis survey atas manfaat pengetahuan sejarah yang telah diperoleh masyarakat beberapa waktu kedepan

---

Objek Kajian Seni Rupa dan Desain: Kajian Pendekatan Visual Iklan Pada Instagram

Pendekatan: metode kualitatif

Analisis: Pada jurnal tersebut membahas tentang pendekatan visual yang efektif dalam iklan yang akan ditayangkan di sosial media Instagram. Pada jurnal tersebut pada dasarnya menggunakan metode penelitian studi pustaka, pemilihan sampel visual, wawancara, analisis matriks dan penarikan kesimpulan. Pada jurnal tersebut menampilkan iklan dengan foto dan bahasa yang baik akan mudah mendapatkan perhatian dari netizen atau pengguna instagram.

Teori: Teori semiotik pragmatik

Kesimpulan: kesimpulan yang dapat diperoleh dari jurnal tersebut adalah bahwa jurnal tersebut melihat tanda dari respon pengguna instagram terhadap iklan yang ditayangkan dan mendapatkan kesimpulan bahwa semakin baik foto iklan serta semakin menarik bahasa iklan yang digunakan maka akan semakin mudah menarik perhatian dari para calon pembeli, setidaknya menanyakan harga,

Apa yang menurutmu bisa diteliti dari jurnal tersebut: Yang dapat diteliti lagi adalah bagaimana peran faktor lain dalam mempengaruhi iklan tersebut, semisal faktor viral atau faktor momentum

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tinjauan Literatur

 Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang tinjauan literatur dari berdasarkan topik kajian analisis berjudul Strategi Branding Tasya Farasya, yang dimana topik tersebut memiliki 3 rumusan masalah yaitu: 1. Apa itu strategi branding? 2. Bagaimana strategi branding Tasya Farasya? 3. Apa pengaruh yang ingin disebarkan oleh Tasya Farasya ke masyarakat luas? Berdasarkan hal diatas saya menghimpun 5 tinjauan literatur dari berbagai sumber, berikut tinjauannya. Setya, Errika Dwi. Komunikasi dan Media Sosial. 2011. Menurut Setya, komunikasi secara online mempermudah terbentuknya hubungan interpersonal yang dekat, karena individu yang terlibat cenderung lebih mudah membuka dirinya untuk lebih dikenal orang lain dan tidak terikat waktu, siang atau pun malam, dan juga tidak terikat ruang. Sehingga dapat dilakukan dan dinikmati kapan saja, dimana saja dengan dilihat oleh orang banyak. Dinda Sekar Puspitarini, Reni Nuraeni. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. 2019. Menurut Dinda d

Analisis Semiotika Iklan Aqua

Pendahuluan Saya memilih objek kajian dari iklan Aqua karena dalam kehidupan kita sebagai manusia tidak terlepas dari adanya kebutuhan akan air dan minum. Pengalaman saya dalam waktu kerja ketika berada di kantor maupun ketika berada di rumah tidak terlepas dari produk air minum Aqua. Dari kondisi tersebut saya ingin menganalisis atau mengkaji tentang iklan produk air minum Aqua. sumber gambar https://www.sehataqua.co.id/ Objek Kajian Seni Rupa dan Desain:  Iklan Produk Air Minum Aqua "Kebaikan Berawal Dari Sini" link: https://www.youtube.com/watch?v=IPfm1vEFHhc Pendekatan: Pendekatan yang digunakan dengan metode kualitatif Analisis:  Dalam iklan tersebut terdapat penanda dan pertanda dari tagline "Kebaikan Berawal Dari Sini" yang mereka iklan-kan. Menurut penulis penandanya adalah kata "Kebaikan Berawal Dari Sini", dan pertandanya dari situ mereka bermaksud menyebarkan pesan bahwa produk air khususnya dalam air minum yang mereka kelola dijaga dengan baik