Langsung ke konten utama

Metode Kajian Selain Semiotika

Kajian berasal dari kata kaji yang berarti pendalaman atau penyelidikan dan mempelajari tentang sesuatu. Metode dalam kajian dapat digunakan dengan metode semiotika dan non semiotika. Dikutip dari laman https://fisip.umsu.ac.id/ semiotika adalah sebuah disiplin ilmu dan metode analisis yang dapat mengkaji tanda-tanda yang terdapat pada suatu objek untuk diketahui makna yang terkandung dalam objek tersebut. Secara terminologis, semiotik dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari sederetan luas objek-objek, peristiwa-peristiwa seluruh kebudayaan sebagai tanda (Sobur, 2001). Semiotik terdiri atas sekumpulan teori tentang bagaimana tanda-tanda memrepresentasikan benda, ide, keadaan, situasi, perasaan, kondisi diluar tanda-tanda itu sendiri.

Metode kajian lain yang dapat digunakan selain analisis semiotika adalah metode semantik. Dikutip dari laman http://repository.unsada.ac.id/ semantik merupakan salah satu cabang linguistik yang mengkaji tentang makna. Dalam cabang linguistik, semantik memiliki peranan penting karena bahasa yang digunakan dalam komunikasi tidak lain hanya untuk menyampaikan suatu makna. Ada beberapa ahli yang mendefinisikan cabang ilmu linguistik ini, salah satunya adalah Lehrer (1974) yang mengatakan bahwa “semantik adalah studi tentang makna”. Bagi Lehrer, semantik merupakan bidang kajian yang sangat luas, karena turut menyinggung aspek-aspek struktur dan fungsi bahasa sehingga dapat dihubungkan dengan psikologi, filsafat dan antropologi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tinjauan Literatur

 Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang tinjauan literatur dari berdasarkan topik kajian analisis berjudul Strategi Branding Tasya Farasya, yang dimana topik tersebut memiliki 3 rumusan masalah yaitu: 1. Apa itu strategi branding? 2. Bagaimana strategi branding Tasya Farasya? 3. Apa pengaruh yang ingin disebarkan oleh Tasya Farasya ke masyarakat luas? Berdasarkan hal diatas saya menghimpun 5 tinjauan literatur dari berbagai sumber, berikut tinjauannya. Setya, Errika Dwi. Komunikasi dan Media Sosial. 2011. Menurut Setya, komunikasi secara online mempermudah terbentuknya hubungan interpersonal yang dekat, karena individu yang terlibat cenderung lebih mudah membuka dirinya untuk lebih dikenal orang lain dan tidak terikat waktu, siang atau pun malam, dan juga tidak terikat ruang. Sehingga dapat dilakukan dan dinikmati kapan saja, dimana saja dengan dilihat oleh orang banyak. Dinda Sekar Puspitarini, Reni Nuraeni. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. 2019. Menurut Dinda d

Review Jurnal

Objek Kajian Seni Rupa dan Desain: Kajian Semiotika Logo STMIK Bumigora Mataram Pendekatan: metode kualitatif Analisis: Pada jurnal tersebut membahas tentang bedah logo STMIK Bumigora Mataram, khususnya unsur dasar seni rupa dan desain yang tergambar pada logo tersebut. L ogo STMIK Bumigora Mataram terdapat gambar yang menurut penulis kurang dapat diterima dalam prinsip desain, khususnya prinsip tidak akan termakan oleh zaman. Pada logo tersebut ada gambar keyboard yang bermakna teknologi namun saat ini keyboard sudah tidak mencerminkan perkembangan teknologi saat ini dan yang akan datang Teori: Teori semiotik semantik Kesimpulan: kesimpulan yang dapat diperoleh dari jurnal tersebut adalah bahwa proses kajian dilakukan dengan membedah logo dan makna yang terkandung pada setiap gambarnya dan mendapatkan hal yang kurang dari gambar logo tersebut. Apa yang menurutmu bisa diteliti dari jurnal tersebut: Yang dapat diteliti lagi adalah sudut pandang komentar pembuat logo dan kegunaannya ---

Analisis Semiotika Iklan Aqua

Pendahuluan Saya memilih objek kajian dari iklan Aqua karena dalam kehidupan kita sebagai manusia tidak terlepas dari adanya kebutuhan akan air dan minum. Pengalaman saya dalam waktu kerja ketika berada di kantor maupun ketika berada di rumah tidak terlepas dari produk air minum Aqua. Dari kondisi tersebut saya ingin menganalisis atau mengkaji tentang iklan produk air minum Aqua. sumber gambar https://www.sehataqua.co.id/ Objek Kajian Seni Rupa dan Desain:  Iklan Produk Air Minum Aqua "Kebaikan Berawal Dari Sini" link: https://www.youtube.com/watch?v=IPfm1vEFHhc Pendekatan: Pendekatan yang digunakan dengan metode kualitatif Analisis:  Dalam iklan tersebut terdapat penanda dan pertanda dari tagline "Kebaikan Berawal Dari Sini" yang mereka iklan-kan. Menurut penulis penandanya adalah kata "Kebaikan Berawal Dari Sini", dan pertandanya dari situ mereka bermaksud menyebarkan pesan bahwa produk air khususnya dalam air minum yang mereka kelola dijaga dengan baik